cara memperbaiki kartu memory rusak atau file tidak terbaca

on Thursday, March 28, 2013


cara memperbaiki kartu memory rusak atau file tidak terbaca
Kartu memory sangat penting ketika kartu memory internal didalam handphone atau alat lainnya yang disediakan cukup kecil, kelebihan dari kartu memory eksternal adalah dapat mempermudah pengiriman atau penerimaan data dengan cara dibuka dan dipasang ke komputer, dampaknya kartu memory bisa saja rusak atau tidak bisa terbaca kembali. Artikel berikut adalah salah satu cara memperbaiki kartu memory yang rusak.

FAKTOR PENYEBAB
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kartu memori, antara lain :
  • pengaruh medan magnet yang kuat;
  • Kesalahan waktu mencabut atau memasukkan kartu memory ke slot memori yang mengakibatkan terjadinya kerusakan fisik;
  • Panas yang berlebih;
  • Kartu memory sering dipindah-pindahkan ke perangkat lain, misalnya kartu MMC handphone, kita pasangkan ke kamera digital, dan lain-lain;
 CARA MEMPERBAIKI
  • Lepaskan kartu memori anda dari ponsel dengan mengikuti langkah atau aturan yang ada. Biasanya terdapat menu cabut kartu memori sebelum anda melepaskannya dari ponsel.
  • Masukkan memori anda pada card reader dan colokkan pada komputer anda.
  • Selanjutnya cari drive dari kartu memori anda, silakan lihat pada menu windows explorer.
  • Jika memori anda sudah terdeteksi silakan klik kanan dan klik “format”. Jika muncul pilihan format silakan pilih format file FAT dan tunggu proses hingga selesai. Setelah itu silakan coba buka dan isikan file kemudian masukkan pada ponsel anda.
Apabila dengan menggunakan cara diatas muncul pesan eror dan komputer anda sudah tidak bisa memformat dengan cara diatas maka gunakan cara lain yaitu sebagai berikut :
Klik Start >> Run >> ketik “CMD” (tanpa tanda petik)
Setelah muncul mode DOS prompt ketik FORMAT e: / FS:FAT (e=merupakan drive letak kartu memori, apabila kartu memori anda terletak pada drive f, maka tuliskan f) tunggu hingga selesai.
Bila kartu memori anda tetap tidak bisa, atau tidak terdeteksi sama sekali coba ganti dengan card reader lain. Namun bila tetap tidak bisa kemungkinan kerusakan terjadi dari sisi fisiknya. Solusinya adalah anda harus menggantinya. Perhatikan kualitas merk pada saat anda membeli memori agar awet dan tahan lama. Demikian sedikit informasi mengenai cara mengatasi kerusakan memori semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Ranking: 5
Comments
3 Comments

{ 3 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
© fahmi zaki estrada | All Rights Reserved